Belajar Fotografi #6: Kompensasi Pencahayaan (Exposure Compensation)

Exposure compensation (Kompensasi pencahayaan) adalah suatu fungsi yang bisa Anda gunakan untuk mengubah pencahayaan yang ditetapkan kamera (kamera menentukan pencahayaan yang tepat) menjadi sesuatu yang merupakan preferensi Anda sendiri. Di sini, kita akan mengetahui lebih lanjut mengenai fungsi ini, sambil belajar cara mengenali subjek yang memerlukan kompensasi pencahayaan positif atau negatif. (Dilaporkan oleh: Tomoko Suzuki)   Sumber : snapshot.canon-asia.com

Belajar Fotografi #6: Kompensasi pencahayaa (Exposure Compensation)
Belajar Fotografi #6: Kompensasi pencahayaa (Exposure Compensation)


Kompensasi pencahayaan digunakan untuk mengubah kecerahan gambar ("correct exposure") yang ditetapkan oleh kamera

Hal yang perlu dicatat
- Pencahayaan bergantung pada daya pantul subjek.
- Gunakan kompensasi pencahayaan positif apabila subjek memantulkan cahaya dengan sangat baik, dan kompensasi pencahayaan negatif apabila tidak memantulkan cahayanya dengan baik.

 

Exposure compensation, atau kompensasi pencahayaan, adalah suatu fungsi yang memungkinkan Anda mengubah kecerahan dari pencahayaan tepat yang ditentukan kamera. (Untuk informasi selengkapnya mengenai ini, bacalah Dasar-dasar Kamera #3: Pencahayaan). Untuk lebih memahaminya, mari kita cermati, bagaimana kamera mengukur pencahayaan.

Kamera memiliki meteran pencahayaan built-in yang menentukan pencahayaan yang "correct" (tepat) berdasarkan pada jumlah cahaya yang dipantulkan oleh subjek (yaitu "subject reflectivity"). Proses ini disebut "metering". Ada beberapa cara berbeda untuk bisa mencapai ini, tetapi metering mode (mode pengukuran) yang paling umum digunakan disebut “evaluative metering” (pengukuran evaluatif). Dalam mode ini, metering system (sistem pengukuran) membagi seluruh area gambar ke dalam sejumlah zona dan mengukur kecerahan di tiap zona untuk menemukan nilai rata-rata. Evaluative metering efektif untuk menemukan pencahayaan tepat yang ditentukan kamera dalam sebagian besar pemandangan.

Namun demikian, pencahayaan tepat yang ditentukan kamera tidak selalu menghasilkan kecerahan optimal untuk pemandangannya. Jika subjeknya berwarna hitam (atau mendekati hitam), sebagian besar kamera akan cenderung memberikan pencahayaan yang berlebihan sehingga menghasilkan gambar yang sangat terang. Sebaliknya, jika subjeknya berwarna putih (atau mendekati putih), sebagian besar kamera akan cenderung kurang memberikan pencahayaan sehingga menghasilkan gambar yang gelap. Hal ini disebabkan karena warna putih memiliki daya pantul tinggi (memantulkan banyak cahaya), sedangkan warna hitam memiliki daya pantul rendah (memantulkan sedikit cahaya).

Di sinilah Anda bisa menggunakan kompensasi pencahayaan untuk secara manual menyesuaikan kecerahan sehingga lebih ideal. Biasanya, kompensasi pencahayaan ditetapkan ke posisi "0", tetapi Anda bisa menyesuaikan itu dengan dial atau tombol kompensasi pencahayaan. Kita biasanya mengompensasi ke arah kisaran "+" untuk subjek dengan daya pantul tinggi, dan ke arah kisaran "-" untuk subjek dengan daya pantul rendah. Nah, dengan begitu, tidak ada yang benar atau salah apabila menyangkut soal kompensasi pencahayaan, jadi Anda juga bisa menggunakannya untuk menyetel kecerahan gambar hingga sesuai dengan maksud kreativitas atau preferensi Anda.


Pemandangan yang memerlukan kompensasi pencahayaan

Belajar Fotografi #6: Kompensasi pencahayaa (Exposure Compensation)

Kompensasi pencahayaan Positif (+)

Subjek yang dibidik dalam sinar latar, yang memiliki daya pantul tinggi (warna putih atau mendekati putih), dan pemandangan yang cerah, akan menghasilkan foto yang terlihat lebih gelap daripada yang sesungguhnya terlihat secara kasat mata. Dalam kasus semacam itu, gunakan kompensasi pencahayaan positif.


Belajar Fotografi #6: Kompensasi pencahayaa (Exposure Compensation)

Kompensasi pencahayaan Negatif (-)

Subjek yang memiliki daya pantul buruk (warna hitam atau mendekati hitam), dan pemandangan yang gelap, akan menghasilkan foto yang terlihat lebih cerah daripada yang sesungguhnya terlihat secara kasat mata. Hal ini bisa menyebabkan detail warna meledak, khususnya apabila Anda menangkap pemandangan yang keadaan sekelilingnya remang-remang, misalnya saat senja hari. Dengan menggunakan kompensasi pencahayaan negatif, akan membantu memulihkan warnanya.


Belajar Fotografi #6: Kompensasi pencahayaa (Exposure Compensation)

Pencahayaan biasanya dinyatakan dalam istilah unit EV

Kisaran kompensasi pencahayaan berbeda-beda di antara kamera, tetapi biasanya berkisar antara EV-5,0 hingga EV+5,0. Menetapkan kompensasi pencahayaan sebesar 1 EV pada arah positif (EV+1,0) akan meningkatkan kecerahan hingga dua kali jumlah semula, sedangkan menetapkannya sebesar 1 EV pada arah negatif (EV-1,0) akan menghasilkan separuhnya dari kecerahan semula. 1 EV setara dengan 1 f-stop.


Selengkapnya Lihat di SUMBER.

Sumber : https://snapshot.canon-asia.com/indonesia/article/id/camera-basics-4-exposure-compensation

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Belajar Fotografi #6: Kompensasi Pencahayaan (Exposure Compensation)"

Posting Komentar

Wajib Komentar kalau sudah Berkunjung, dan Terimakasih Banyak Sobat...